Featured Post

Objek wisata Bagai surga di Boltim

Catatan Anak Bangsa Di pojok Negeri, Terhadap Negara Akibat Covid-19


Bupati Bolaang Mongondow Timur
Sehan Landjar SH
Pandemi Covid-19 atau Corona, adalah musuh seluruh anak bangsa Indonesia, karena Corona tidak hanya membunuh banyak orang, tetapi lebih dari itu. Dimana Virus Corona, dapat mencabik-cabik keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita semua harus sadari bahwa, meluasnya virus Corona telah mengoyak perekonomian Indonesia. dan sekarang ini Indonesia dilanda oleh krisis keuangan yang sangat dahsyat, baik Pemerintah dan rakyat
keduanya dalam keadaan kekurangan kemampuan ekonomi. Buktinya Menteri Keuangan dan Mendagri dalam surat keputusan bersama meminta agar Pemda Provinsi, Kabupaten, dan Kota seluruh Indonesia, untuk memangkas asumsi pendapatan dari dana transfer sebanyak 50%. Ini membuktikan bahwa Viscal/kemampuan keuangan Negara dalam terancam.
Hal ini tidak terjadi dimasa krisis Moneter tahun 1999, pada saat itu hanya Negara yang keteteran akibat d
itipu oleh segilintir pengusaha, yang meminjam uang/talangan kemudian mereka lari ke singapura, dan Tiongkok. Namun, saat itu Rakyat Indonesia, terutama di kawasan Timur semua memiliki kemampuan ekonomi yang kuat akibat harga Kopra naik 400 persen, Cengkeh 400 persen, Jagung 300 persen, serta semua bahan Diyergen di borong oleh pengusaha Philipina dengan harga yang sangat tinggi. Sehingga masyarakat tidak terpengaruh dengan krisis Moneter pada saat itu.
Namun, untuk saat ini, Negara dan masyarakat sama-sama tidak punya kemampuan keuangan. untuk itu, saya harap saat ini jangan lagi kita saling menyalahkan dan mencari kelemahan satu dan lainnya, saat ini Negara menanti perjuangan kita semua, saat ini Negara kita harus diselamatkan dari ancaman masalah yang lebih berat, yaitu masalah sosial, jangan sampai rakyat terjepit dengan kebutuhan ekonomi, karena manusia adalah bahagian dari spesis, namun dipakaikan akal Oleh Allah SWT, jika manusia terhimpin oleh urusan perut, maka manusia akan menjadi pemangsa seperti hewan lainnya, membunuh, merampok hanya untuk mempertahankan hidup.
Marilah, kita semua adalah Patriot Bangsa, kita semua adalah penjaga kedaulatan Bangsa, mari kita sadari bahwa, yang kita lakukan bukan hanya menghindar, jangan banyak orang yang mati, tapi lebih dari itu, bahwa kita semua harus berjuang dengan segala upaya untuk memutus matarantai penyebaran virus Corona demi Indonesia yang kita cintai.
Bukan saatnya lagi kita bertanya apa yang akan diberikan Negara pada kita saat ini, tapi tanyakan apa yang kita bisa berikan pada Negara yang kita cintai. Jika kita menyadari maka tentu kita semua akan menjadi para pahlawan Bangsa, dalam mempertahankan Indonesia yang kita cintai.
Jangan biarkan hanya menjadi tanggungjawab Perisiden, para Menyri, Gubernur, Bupati, dan Walikota, mereka tidak akan mampu untuk mempertahankan Kedaulatan Bangsa, tanpa dukungan semua anak Negeri untuk rela berkorban, baik moril dan materil, dan meningkatkan kedisiplinan dalam aktivitas sehari-hari baik sekarang dan sampai beberapa bulan kedepan. Jika kita mampu untuk melakukan hal ini maka Bangsa ini (Indonesia) akan keluar dan luput dari kesulitan dan pasti akan berjaya kembali. SEMOGA.
Salam Anak Bangsa Di Pojok Negeri
SEHAN SALIM LANDJAR SH. Bupati Bolaang Mongodow Timur. Provinsi Sulawesi Utara

Comments