Featured Post

Objek wisata Bagai surga di Boltim

Setahun SERU

satu tahun kepemimpinan SERU dan Janji Politiknya

Oleh Hendra Mamonto
Pada tulisan ini, akan mengulas perjalanan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Boltim selama setahun menjabat, yang pasti pada tulisan ini, apa yang dilihat, apa yang didengar, itu yang ditulis. ‘onu inontong, onu dinongog tua in sinulis’. Tidak menambah maupun mengurangi, sebab akan menjadi fitnah jika terdapat tulisan yang tidak benar.
Tanpa terasa, sudah setahun masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), yakni Pasangan Sehan Landjar SH dan Drs Rusdi Gumalangit (SERU). Berbagai Pesan dan kesan, baik pahit maupun manis tentunya sudah dilalui selama kurang lebih Dua belas bulan, 48 minggu dan 366 hari kalender.
Sudah tentu rakyat boltim yang mendukung Pasangan SERU ini, menagih janji politiknya untuk kepentingan, hematku menulis, tidak mungkin setiap manusia tidak memiliki kepentingan, pendek kata,  kita beribadah saja memiliki kepentingan (mohon ampunan), apalagi kepentingan dunia.
Secara umum, menurut penulis kepentingan rakyat Boltim, saat mendukung Sehan Landjar untuk mengantarkan pada Kursi Papan satu di Periode ke Dua ini, bersama bapak Drs Rusdi Gumalangit, tidak lain adalah untuk mengsukseskan Program yang dijanjikan, pasca pilkada waktu lalu, terutama poin yang tertuang pada setiap Kartu yang dibagikan oleh Tim SERU.
Pada saat pilkada tahun 2015 silam, Para pendukung SERU rela tidak menerima imbalan berupa uang karena kepentingan tersebut, bahkan tidak sedikit Rakyat mengorbankan hartanya demi memenangkan calon mereka, sehingga saatnya kita harus mengetahui sejauh mana janji politik tersebut terealisasi.
Mungkin sudah cukup panjang kita membahas janji politik pasangan SERU, tentunya pembaca ingin segera mengetahui inti tulisan ini, sehingga kita tidak menunggu lama untuk mengetahui apakah program yang dijanjikan tersebut terpenuhi atau tidak.
Pada tulisan ini, kita akan ulas satu demi satu janji politik Bupati Boltim yang sudah dua periode tersebut. janji politik yang tertuang pada Kartu SERU yang selama ini selalu menjadi perbincangan baik dikhalayak orang banyak maupun Media Sosial. Tidak hanya itu, kita juga akan mengulas berbagai program Pemerintah daerah (Pemda) Boltim yang kurang lebih setahun berjalan, serta selama daerah ini di Pimpin oleh Sehan Landjar yang dijuluki sang Motivator.
Kartu SERU yang selalu diperbincangkan oleh khalayak orang banyak, dengan berbagai program yang tertuang didalamnya antara lain : Beasiswa Pendidikan, Jaminan Kesehatan, Modal Usaha Kecil, pengadaan Lahan dan RTLH, Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Kecelakaan/Kematian. Enam poin ini, yang menjadi program yang dijanjikan kepada khususnya para pendukung serta masyarakat Boltim pada umumnya. Sehingga Pasangan SERU terpilih menahkodai daerah yang baru berumur 8 Tahun itu.
Ke Enam point diatas kita akan ulas satu demi satu berdasarkan pengalaman, yang penulis dapat selama setahun mengikuti perkembangan di daerah paling timur ini. kemudian akan dikombinasikan dengan Visi dan Misi Bupati yang sudah dua periode tersebut yakni ‘memantapkan daerah kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang Cerdas, Sehat, Kreatif, Berwawasan lingkungan hidup, menuju masyarakat yang sejahtera berbasis Pedesaan’
program Beasiswa pendidikan. Program tersebut berjalan mulus melalui Visi dan Misi Bupati dan wakil Bupati Boltim yakni Cerdas, sebab sejak dari tahun ketahun, pemerintah daerah menganggarkan bantuan studi kepada putra daerah Boltim, alhamdulillah tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (BKD), yakni sebanyak 100 orang Putra/Putri daerah yang akan menyelesaikan study, baik Strata satu maupun strata dua mendapat bantuan. Nominalnya pun jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.
Program Jaminan Kesehatan : Visi dan Misi Bupati dan wakil Bupati  tentang Masyarakat yang Sehat, saat ini warga Boltim yang sakit, hanya bermodalkan KTP, bisa langsung mendapat pelayanan secara Gratis, dan itu berlaku tidak hanya pada pendukung SERU, tapi pada rakyat Boltim, semua Puskesmas yang ada di Boltim akan menerima pasien dengan Modal kartu Penduduk.
Program Bantuan Modal Usaha Kecil (UKM) : Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yang Kreatif, Dinas perindustrian perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Disperindag dan UKM) tahun ini sedang melakukan pendataan kepada setiap warga Boltim yang memiliki Usaha Kecil menengah, mereka bakal mendapat bantuan sekitar 2,5 juta setiap usahanya, tahun ini yang bakal mendapat bantuan diperkirakan sekitar 1000 pemilik usaha, dan ini sudah masuk pada program tahun 2017 datanya pun melalui instansi terkait.
Program pengadaan Lahan dan RTLH : pada Visi dan Misi Bupati dan wakil Bupati yakni menuju masyarakat yang sejahtera berbasis Pedesaan, awal kepemimpinan pasangan SERU, sudah sebanyak 3 Hektare Tanah milik Pribadi Sehan landjar dihibahkan kepada rakyat boltim untuk pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), bukti yang didapat sejumlah lokasi tersebut, berada di wilayah Kecamatan Kotabunan dan kecamatan Tutuyan, sedangkan target RTLH pada tahun ini yang disiapkan Pemerintah daerah, sekitar 1000 Unit rumah, yang akan tersebar di tiap desa yang ada di Boltim, data lengkapnya dikantongi oleh Dinas Sosial Boltim.
Sedangkan untuk Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Kecelakaan/Kematian, sudah disiapkan sekitar 1,5 Juta per orang/tahun , pada usia diatas 65 tahun,  Pemerintah sudah menyiapkan sekitar Dua Miliar rupiah, yang saat ini masih akan dikonsultasikan oleh pemerintah daerah kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk penyaluranya, namun pemerintah sudah memastikan jika program tersebut akan tersalur, sebab sudah masuk pada Program Pemda Boltim ditahun 2017.
Berbagai program tersebut sebenarnya akan terealisasi pada tahun 2016 kemarin, namun karena Penjabat Bupati Boltim sebelumnya yakni bapak M. Mokoginta tidak melakukan koordinasi dengan Bupati terpilih pada saat penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016, sehingga program yang dijanjikan pasangan SERU pada pilkada lalu baru terealisasi tahun ini.
Ternyata tidak hanya itu bentuk keberhasilan yang akan disampaikan, berbagai program yang berhasil pula akan kita ulas, antara lain. Keberhasilan Bupati Boltim Sehan landjar dalam menuntaskan infrastruktur jalan pedesaan, patut diacungi jempol, sebab hampir keseluruhan Desa di Boltim sudah dilakukan pengaspalan (Hotmix), berdasarkan Data dinas PU yang ada, Sudah 99 Persen Jalan Desa yang diaspal.
Begitupun juga halnya dengan Kemiskinan, tingkat kemiskinan di Boltim, tahun 2010 silam hingga sekarang, Sehan Landjar menurunkan tingkat kemiskinan diboltim, hingga pada angka 6.6 Persen dari sebelumnya sekitar 26 Persen lebih.
Tidak kalah menarik dengan pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh pemda boltim sejak dinahkodai oleh Sehan landjar, Tiga tahun berturut turut, sejak tahun 2013, 2014 dan 2015  Boltim meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI (Hattrick), itu menandakan pengelolaan keuangan daerah dianggap baik dan tidak ada temuan dari pemeriksa.
Akhir tulisan ini, saya menyimpulkan jika program yang dijanjikan pada Pilkada waktu lalu bisa direalisasikan, sehingga kepemimpinan SERU, patut dihargai serta diapresiasi. Namun meski demikian, sebagai insan pers maupun Pemuda Boltim yang peduli akan kemajuan daerah, tidak hanya berhenti sampai disini, kita akan terus melakukan pengawasan maupun kontrol kepada pemerintah, terutama peran para pemangku kepentingan di daerah, demi masa depan generasi dimasa akan datang.(*) 

Comments